Siang ini saya baca artikel yang ditulis Dedi Corbuzier tentang anak dan sekolah (bisa dibaca disini). Setelah baca, saya langsung tergerak buat nulis sesuatu di blog ini, karena emang timingnya pas banget sama saya yang baruuu aja pulang dari sekolah yang bakalan jadi tempat bermain dan bersosialisai baru buat Rayyan. Yess, saya emang baru daftarin Rayyan buat sekolah di umurnya yang mau 3 tahun ini dengan tujuan Rayyan punya aktivitas bermain yang terarah dan bisa bersosialisi lebih luas. Kan lumayan kalau sekolah, Rayyan bisa sekalian belajar berbagi + toleransi sama temen-temennya, secara selama ini ketemunya mama lagi mama lagi..hehe
Ok, balik lagi ke tulisannya mas Dedi Corbuzier (panggil 'mas', biar akrab dikit..hihi). Tulisannya bagus, langsung menohok ke lubuk hati. Saya ga tau, apakah nantinya saya termasuk emak-emak yang terobsesi biar anaknya pinter secara akademis atau ngga. Tapi setelah baca artikel itu saya jadi punya pegangan buat ga marah kalau nilai anak jelek or ga sesuai harapan. Thanks, mas Ded (makin akrab).
Tapiiiiii...
Agak setuju sih dengan kata-kata ini:
Agak setuju sih dengan kata-kata ini:
Kalau pelajarannya jelek? Ah biar saja... Jangan takut nilai pelajaran merah.. Namanya belajar.
Kalau tidak naik kelas? Ya biar saja... Jangan takut tidak naik kelas...
School has to be fun.. Not stressful.
Setuju banget sih school has to be fun, not stressful. Karena biasanya kalau yang dilakukan dengan senang hati, hasilnya bisa lebih baik. Tapi kalau nilai anak jelek apalagi sampe ga naik kelas, i'd prefer to do something rather than 'biar aja'. Minimal kita as parents cari tau penyebabnya kenapa anak sampai ga naik kelas. Siapa tau masalahnya adalah anak ga bisa konsentrasi di kelas karena ngalamin bullying atau mungkin karena matanya minus sampe ga bisa liat jelas ke board nya. Kalau penyebabnya itu kan bisa kita cari jalan keluarnya.
Saya jadi langsung flashback ke masa-masa sekolah saya. Di SD dulu nilai saya lumayan memuaskan, tapi waktu masuk SMP saya ketemu banyak kesulitan, terutama pelajaran matematika. Saya bukan orang yang benci matematika, malah saya tipe yang puas banget kalau bisa jalanin rumus matematika dan ketemu jawaban yang bener. Tapi waktu SMP nilai matematika saya jeblok. Kenapa? Karena saya duduk terlalu belakang dengan kondisi mata minus 4 yang berkolaborasi sama tulisan pak guru yg kurang eye catching (bahasa diperhalus detected). Suara gurunya jg kurang jelas buat saya. Sayangnya juga saya dulu sangat pemalu dan lebih milih buat diem kalau ga ditanya. Ya jadinya gitu, karena orang tua saya termasuk tipe yang 'biar aja', jadi ya udah saya cuek juga sama nilai saya yang segitu-gitu aja. Padahal kalau ditawarin les di luar, saya bakalan semangat banget tuh.
So, saat anak-anak kita nanti dapet nilai jelek bahkan sampai ga naik kelas, saya pengen ngajak orang tua buat cari masalahnya dan ga ada salahnya kan buat memotivasi anak buat lebih baik lagi. Kalau nilainya terus-terusan jelek sampai ga naik kelas kan anak bisa jadi tertekan dan minder juga nantinya. Karena gimana pun juga, kita hidup di sistem yang udah kaya gini. Jadi ya kalau misalnya kita ga bisa ngubah sistem pendidikan Indonesia, yang bisa kita lakuin adalah mempersiapkan anak-anak kita buat survive di sistem yang udah ada ini. Kalau misalnya anak udah nunjukin tanda-tanda usahanya (usaha yang saya maksud disini bukan usaha yang bikin anak tertekan ya, kaya diles-in sampai malam or semacamnya. Cukup dengan tetep rajin masuk sekolah, nyimak penjelasan guru dengan baik dan do the homework, i mean usaha yang memang udah jadi kewajiban anak-anak di sekolah) tapi nilainya tetep jelek, tugas orang tua juga buat tetep nyemangatin anaknya biar ga minder dan tetep fokus di bidang yang diminatinya.
Tanpa menyinggung pihak manapun, it's just all my honest opinion. 😉
No comments:
Post a Comment